Wednesday, December 26, 2018

REVIEW JURNAL "IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE BRUCE FORCE DALAM GAME SMILEY PONG BERBASIS ANDROID"


Penulis : Gema Dzikrillah, A. Gunawan, Wawang Adidarma
Teknik Informatika, STMIK NUSA MANDIRI Sukabumi
Manajemen Informatika, AMIK BSI Sukabumi
Komputerisasi Akuntansi, AMIK Citra Buana Indonesia Sukabumi


LATAR BELAKANG
Pada jurnal ini penulis menjelaskan permasalahan dan solusi yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Menurut penulis teknologi mobile computing sudah sangat berkembang dengan beragam pengguna, salah satunya untuk menghapus kejenuhan yaitu melalui aplikasi game. Maka dari itu penulis membuat aplikasi game flash sederhana yaitu Smiley Pong yang terinspirasi dari permainan Arcade Pong.

TUJUAN PENULIS
Dengan adanya aplikasi game Smiley Pong ini penulis bertujuan untuk memanfaatkan teknologi mobile computing khususnya android untuk menghapus kejenuhan.

METODE PENELITIAN
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa dalam metode penilitan yaitu teknik pengumpulan data dan model pengembangan sistem. Dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan 3 teknik yaitu yang pertama ialah observasi, yaitu penulis melakukan pengamatan terhadap game yang serupa dan pengamatan ini bertujuan untuk mempelajari game ini bekerja dan mencari tahu bagian dari game ini yang dapat diperbarui atau divariasikan. Dan yang kedua yaitu penulis melakukan wawancara, penulis melakukan 2 metode wawancara yang berbeda yaitu wawancara  secara langsung yang berhadapan langsung dengan narasumber dan tidak langsung yaitu dengan cara melakukan wawancara dengan narasumber melalui media sosial facebook. Dan yang ketiga penulis melakukan studi pustaka untuk memikirkan apa saja yang diperlukan dan sumber-sumber apa saja yang dapat membantu dalam pembuatan game ini.

Dalam model pengembangan sistem penulis melakukan beberapa hal, yaitu :
1. Analisa terhadap kebutuhan sistem yang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu secara fungsional dan non-fungsional.
2. Penulis melakukan desain, mulai dari sketsa dasar tampilan game ini.
3. Code Generation, bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi Flashdevelop merupakan Action Scripts 3.0
4. Testing, pengujian Graphical User Interface (GUI) / BlackBox dengan tujuan apakah tombol yang ada berfungsi sesuai rencana dan apakah papan permainan bisa digerakkan dengan sempurna
5. Support, untuk kedepannya penulis membutuhkan update sistem untuk membuat game ini untuk selalu baru sesuai dengan perkembangan sistem yang ada.

PEMBAHASAN ISI JURNAL
Dalam penulisan jurnal ini penulis membuat aplikasi game Smiley Pong yang bertujuan untuk melepas kejenuhan yang ada berdasarkan teknologi yang ada saat ini. Dalam jurnal ini penulis membahas tahapan dalam mengumpulkan data dan mebahas desain desain yang ada untuk game ini, mulai dari desain interface pada menu awal, guide, sampai ke desain tampilan game. Dan dalam jurnal ini penulis membaha karakterisitik software yaitu, format, rules, policy, scenario, challenge, decisions, levels dan score mode. Dan tak lupa juga penulis disini membahas bagan alur game Smiley Pong ini. Lalu dijurnal ini penulis membahas tentang code generation dan listing code yang ada serta dicantumkan hasil testing yang dilakukan dengan menggunakan blackbox tesing oleh para penulis.

KELEBIHAN JURNAL
Menurut saya jurnal ini mudah untuk dipahami dan metode penilitan yang dilakukan juga bisa dipahami. Serta dalam jurnal ini penulis mencantumkan listing code yang bisa digunakan atau dicontoh untuk para pembaca yang membutuhkan referensi program.

SARAN
Saran saya untuk jurnal ini ialah agar para penulis mencantumkan dimana aplikasi ini dapat diunduh, dan penulis bisa mencantumkan beberapa pertanyaan pertanyaan ilmiah berserta jawaban.

KESIMPULAN
Kesimpulan yang saya dapat dari jurnal ini adalah penulis membuat aplikasi game berbasis adnroid yang bernama Smiley Pong dengan menggunakan teknologi Mobile Computing yang bertujuan untuk menghapus kejenuhan. Dan juga penulis memberikan beberapa tampilan desain interface yang ada.

DAFTAR PUSTAKA

1. El Rhalibi, Abdennour, Kok Wai Wong, and Marc Price. 2009. Artificial Intelligence for Computer Games. International Journal of Computer Games Technology.

2. Lane, Jan-Erik. 2000. The Public Sector: Concepts, Models And Approchaches. London: SAGE Publications

3. McCarthy, John. 2007. What Is Artificial Intelligence?. California: Stanford Unifersity.

4. Murtiwiyati dan Glenn Lauren. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jakarta: Universitas Gunadarma.

5. Nidhra, Srinivas and Jagruthi Dondeti.2012. Black Box And White Box Testing Techniques-A literature Review. International Journal of Embedded Systems and Applications.

6. Pressman, Roger S.2001. Software Engineering. Newyork: McGraw-Hill Higher Education.

7. Rinaldi, Munardi. 2004. IF2251 Strategi Algoritmik. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

8. Salen, Katie and Eric Zimmerman. 2004. Rules Of Play – Game Design Fundamentals. London: Massachusetts Institute of Technology.

9. Schwab, Brian.2009. AI Game Engine Programing. Boston:Course Technology.

10. Suprizal. 2012.Pembuatan Game Tembak-Tembakan Pertempuran Surabaya berbasis Flash.Yogyakarta:Sekolah Tinggi Manajamen Komputer AMIKOM.

11. Williams, Laurie. 2006. Testing Overview And Black-Box Testing Techniques.




No comments:

Post a Comment